Etiket dalam berbagi pesan dan email serta proses profesional
Pasti kalian semua pernah atau sering mengirim email atau pesan kepada kenalan, kekasih, atau bahkan teman dekat kalian. Pastinya, cara mengirim pesan pada satu dan yang lainnya akan berbeda, entah dari segi bahasa, cara mengirim, isi dan lain-lain.
Berbeda ketika mengirim pesan pada teman dengan mengirim pesan pada orang yang baru kalian kenal, pasti ada beberapa bahasa atau isi dari pesan tersebut yang berbeda, pasti.
bertukar pesan merupakan salah satu bentuk komunikasi secara daring jika dilakukan dengan jaringan telepon, komunikasi adalah kegiatan bertukar pikiran atau berbicara pada lawan bicara, dua orang terlibat bahkan lebih, dimana kita harus memerhatikan etiket dalam berkomunikasi
APA SIH ETIKET ITU?
Menurut sisi saya, Etiket adalah tata cara berkomunikasi, mengundang, atau berhubungan dengan orang lain, dimana memiliki aturan dan peraturan. contoh: berbicara dengan sopan, memikirkan waktu dan tempat dll. etiket juga berasal dari bahasa perancis “etiquette” yang bermakna undangan raja kepada tamu untuk menghadiri penjamuan.
Etiket bisa di gunakan dalam mengirim email untuk seseorang, atau mengirim pesan kepada seseorang.
Ada Beberapa pelanggaran dalam Beretiket dalam pesan/email:
- Mengirimkan email atau chat spam, Karna ini sangat menganggu
- Terkesan memaksa
- Memakai huruf besar pada semua pesan/email juga terkesan sedang marah
Dalam hal etiket juga menyangkup tentang profesionalisme, karna orang yang profesional mempunyai etiket yang baik dan bagus.
Penjelasan singkat apa itu profesioanal
Seorang Yang profesional adalah seseorang yang menjalankan profesinya dengan benar dan melakukannya sesuai dengan etika dan peraturan yang ada dalam profesinya tersebut.
Proses Professional
Menjadi profesional bukan hal mudah, setidaknya harus memiliki kriteria tersebut:
- Memiliki keterampilan yang tinggi dalam suatu bidang, serta mahir menggunakan keterampilan yang dia miliki.
- Punya Pengalaman dan pengetahuan dalam mengatasi suatu masalah dan mampu membaca situasi dengan cepat serta mengambil keputusan yang tepat.
- Punya sifat orientasi ke depan sehingga punya kemambuan menghadapi apa yang terjadi kedepannya.
- Punya sikap mandiri dan yakin pada prinsipnya, namun tidak menutup telinga dari mendengarkan pendapat orang lain.
- Suka berkumpul untuk mencari pengalaman serta pengetahuan dari orang yang memiliki profesi yang sama, sehingga wawasan bertambah
Komentar